Deretan Makanan Khas Kotagede Jogja, Ada Sejak Zaman Kerajaan Mataram Kuno

user
Ary B Prass 02 Desember 2022, 17:17 WIB
untitled

Krjogja.com - Kalau ke Jogja mampirlah ke Kotagede. Selain sentra perak, kawasan di Jogja selatan ini juga terkenal dengan jajanan dan makanannya yang khas. Bahkan, beberapa jenis makanannya sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram Kuno lho!

Resep makanan tersebut oleh penduduk sekitar masih diuri-uri (dipelihara-red) untuk disajikan dan dijual pada pandemen kuliner. Hingga kini, jajanan tersebut juga masih populer di kalangan wisatawan.

Apa saja sih makanan khas Kotagede tersebut? Bisa disimak sebagai berikut:

1. Yangko
Yangko termasuk makanan legendaris yang tekstur dan bahannya seperti mochi. Tapi proses pembuatannya berbeda dari kue mochi. Sebab yangko dicetak lalu dibentuk kotak dan setelah itu bagian tengahnya baru diisi dengan kacang tanah tumbuk.

Yangko termasuk kuliner tradisional yang sudah dikenal masyarakat luas dan juga dijadikan oleh-oleh khas Jogja.

2. Kipo
Kipo terbuat dari tepung ketan dan diisi dengan unti kelapa yang ukurannya kecil. Kipo ini termasuk jajanan khas Jogja perninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang tidak terkontaminasi budaya asing.

Kalau Kamu tertarik untuk menjajal kipo bisa mampir ke Jalan Mondorokan yang berlokasi dekat dengan Pasar Kotagede Jogjakarta.

3. Ukel
Adapun kudapan manis lain yang cocok untuk menemani santai soremu yakni ukel. Ukel adalah kue yang dibentuk seperti angka delapan dan dilapisi dengan gula.

Untuk menemukan ukel itu jauh lebih mudah daripada kipo. Bahkan sudah banyak toko oleh-oleh yang menjual ukel.

4. Banjar
Kemudian ada banjar yang jenisnya seperti ukel. Adonan yang dibuat untuk banjar pun sama dengan ukel, hanya saja banjar itu tidak dilapisi gula. Banjar sebelum jadi ukel jadi banjar dulu. Jadi adonan berbentuk angka 8 itu yang sudah digoreng tapi belum diberi gula, namanya banjar.

Bentuk ukel dan banjar itu melambangkan sanggul perempuan yang harus ke kraton.

5. Jadah Manten
Inilah salah satu makanan atau jajanan tradisional yang unik dan paling favorit di Kotagede. Bentuknya sangat unik dan rasanya enak, karena terbuat dari ketan dengan isian daging ayam gurih. Jadah ini tambah enak karena dibakar dan kamu dapat menikmatinya dengan secangkir teh panas atau kopi hitam.

Bagi kamu yang lagi singgah di Jogja patut mencoba Jadah Manten.

6. Roti Kembang Waru
Camilan tradisional lain khas Kotagede selanjutnya yakni roti kembang waru. Aslinya terbuat dari tepung beras tapi setelah terigu datang, bahannya berubah menjadi terigu.

Dalam sejarahnya, roti kembang waru terinspirasi dari pohon waru yang kala itu digunakan untuk membuat rangka dan wadah keris. Orang-orang di Kotagede memang banyak yang menjadi pecinta keris karena dekat dengan keraton.

Sayangnya, pembuat roti kembang waru mulai jarang. Namun jajanan jenis ini tetap bisa didapat di seputaran Pasar Kotagde di pagi hari.

7. Krasikan
Jajan pasar ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan tepung ketan dan gula Jawa. Krasikan ini juga dibentuk potongan kotak seperti gethuk, tetapi berwarna cokelat. Rasa krasikan ini sangat menggoda, terutama kelezatan dari campuran tepung dan beras ketan yang disangrai dengan gula Jawa. (*)

Kredit

Bagikan