7 Wedang Khas Jogja untuk Penghangat Badan

user
Ary B Prass 04 Desember 2022, 17:17 WIB
untitled

Krjogja.com - Jogja tak hanya kondang makanannya saja, namun juga minumannya. Tercatat banyak minuman khas Jogja yang nikmat dan cocok untuk penghangat badan. Apalagi di musim penghujan seperti ini.

Minumah khas Jogja banyak mengandung rempah asli Indonesia. Oleh penduduk asli Jogja rempah-rempah tersebut disulap menjadi wedang yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Berikut rekomendasi wedang khas Jogja yang cocok untuk penghangat tubuh:

1. Wedang Uwuh
Uwuh dalam bahasa Jawa memiliki makna sampah. Penamaan sedemikian rupa adalah dikarenakan bahan-bahan yang digunakan berupa dedaunan yang menyerupai sampah. Olahan wedang uwuh berisi jahe, kayu manis, daun cengkeh, kayu secang, daun pala dan gula batu.

Wedang Uwuh memiliki cita rasa yang khas dan kaya akan khasiat yang baik untuk tubuh. Wedang uwuh cocok diminum ketika masih panas.

2. Wedang Ronde
Wedang ronde merupakan salah satu wedang yang memiliki perpaduan budaya antara Tionghoa dengan Nusantara. Ronde sendiri terbuat dari beras ketan dan air, dibentuk bulat sedemikian rupa kemudian direbus sampai matang dan mengapung.

Lantas disajikan dalam kuah jahe hangat dan gula manis. Tak lupa ronde umumnya disempurnakaan dengan sejumlah kacang tanah cincang. Wedang yang satu ini sangat cocok untuk melengkapi kebersamaan Anda sekeluarga di saat-saat bercengkrama di ruangan keluarga.

3. Teh Rempah
Teh Rempah juga merupakan salah satu minuman legendaris yang mengandung banyak khasiat untuk tubuh. Minuman yang satu ini cukup dianjurkan bagi Anda . Teh rempah ini terbilang umum sehinga bisa sangat sesuai dengan rempah jenis yang mana yang akan dijadikan bahan dasar.

4. Wedang Jangkruk
Wedang Jangkruk merupakan jenis minuman sehat nan legendaris yang terdiri dari jahe, kencur, jeruk yang selanjutnya disingkat menjadi jangkruk. Wedang ini jelas sangat kaya akan manfaat.

Kombinasi dari jahe dan kencur menghasilkan sensasi hangat sekaligus pelega di dalam tenggorokan saat wedang ini ditenggak. Tidak hanya menawarkan kehangatan, tapi juga aroma yang khas serta kaya akan manfaat.

5. Wedang Sereh
Wedang sereh tidak lain adalah olahan minuman rempah yang terdiri dari jahe dan sereh. Umumnya wedang sereh disajikan dengan kombinasi jahe dan gula merah. Bisa juga hanya dengan rebusan sereh dan gula, bisa juga dengan variasi lain. Sereh dan Jahe ini mampu menjadi kombinasi yang pas untuk melegakan tenggorokan oleh sebab adanya gangguan.

Bukan hanya sekedar melegakan dan menghangatkan tenggorokan tapi juga membantu turunkan kolesterol, mengurangi radang atau inflamasi, kaya akan antioksidan. mengatasi kecemasanm dan lain sebagainya.

6. Teh Kayu Manis
Teh Kayu manis dari namanya saja kita sudah bisa menebak kalau minuman terdiri dari rempah yang rasanya manis dan beraroma harum. Rempah ini biasanya digunakan untuk membuat kue dan teh, sekaligus digunakan sebagai obat tradisional.

Kayu manis sangat bagus untuk tubuh. Kayu Manis sendiri memiliki manfaat seperti mengurangi kadar kolesterol, anti infeksi alami, mengatur gula darah, mencegah sel kanker, dll.

Selain memiliki segudang manfaat, aromanya yang khas serta rasanya yang manis dan pedas, membuat minuman ini menjadi salah satu minuman legendaris di Indonesia, termasuk di Jogja yang wajib untuk Anda coba. Cocok untuk menjadi teman baca Anda di ruang baca hunian Anda.

7. Kopi Joss
Kopi Joss adalah kopi khas Jogja yang disajikan bersama arang panas. Arang panas dimasukkan ke dalam seduhan kopi hitam dan gula untuk kemudian dihidangkan. Kopi ini biasanya dijual di angkringan-angkringan di Jogjakarta. Secangkir kopi jos dibanderol sekitar Rp 5 ribu.

Dikutip dari berbagai sumber, arang akan berubah menjadi karbon aktif yang bermanfaat sebagai pengikat racun yang ada di dalam tubuh. Penemuan akan fungsi arang sebenarnya sudah ditemukan berpuluh-puluh tahun lalu. (*)

Kredit

Bagikan