Nara Kupu Jogja, Eduwisata Organik Lereng Merapi Bantu Petani Pasarkan Online

user
Ary B Prass 05 Desember 2022, 14:17 WIB
untitled

 
SLEMAN - Nara Kupu Jogja, eduwisata baru muncul di Yogyakarta utara tepatnya terletak di kawasan Pandanpuro Hargobinangun Pakem Sleman.
 
Memiliki view Gunung Merapi dengan udata segar, Nara Kupu menyambut siapapun yang datang ke lokasi seluas 5 hektare itu dengan keseruan alami. 
 
Bukan slogan semata Nara Kupu Jogja menawarkan sesuatu yang alami pada para pengunjungnya. Di eduwisata ini, wisatawan bisa merasakan sensasi secara langsung menyemai hingga memanen berbagai jenis sayuran organik. 
 
Muhamad Handry, Bussiness Development Manager Nara Kupu Jogja mengungkap, konsep Nara Kupu Jogja memang berbeda yakni ingin menghadirkan sesuatu yang berkaitan dengan pertanian. Ada konsep urban farming yang diusung, sekaligus mengajak masyarakat peduli lingkungan dan mendorong anak muda menjadi petani milenial. 
 
“Pengunjung bisa belajar membuat pupuk kompos, salah satunya pestisida nabati dan penyemaian sayur. Kami juga berdayakan petani sekitar kawasan ini untuk menanam sayur organik,” ungkapnya ketika berbincang dengan Krjogja.com, Senin (5/12/2022). 
 
Tak hanya mendorong tanpa solusi, Nara Kupu Jogja juga memberikan ruang berjualan bagi para petani organik di sekitar. Mereka bisa membentuk kelompok dan memasarkan sayuran melalui marketplace yang telah diinisiasi.  
 
“Jadi teman-teman yang tertarik bisa membentuk kelompok tani dan memasarkan produk melalui marketplace Nara Kupu Jogja. Ketika lelah berkebun, pengunjung bisa menikmati santapan di tenant kami. Jadi bisa belajar, membawa pulang sayur segar organik dan menyantap hidangan menarik,” sambungnya. 
 
Selain berkebun dan menanam, Nara Kupu Jogja juga menawarkan interaksi dengan beberapa satwa koleksi. Salah satu yang ikonik yakni memberi makan rusa tutul dari dalam maupun luar kandangnya. 
 

Pemeliharaan rusa tutul di Nara Kupu Jogja
© 2022 krjogja.com/Istimewa

 
“Kami juga punya beberapa satwa, yang menjadi andalan yakni dua rusa tutul yang bisa diajak interaksi. Jadi pengunjung bisa feeding rusa dari dalam atau luar kandang. Seru sekali bisa berkegiatan positif tentu saja,” tandas dia. 
 
Dony Darmawan, Field Manager Nara Kupu Jogja menambahkan, secara khusus mereka menawarkan pengalaman menanam hingga panen untuk wisatawan yang datang. Nara Kupu Jogja memastikan sayuran yang dipanen dan bisa dibawa pulang 100 persen bebas bahan kimia atau benar-benar organik. 
 
“Eksperience ini yang menarik, wisatawan bisa mengikuti proses bertani sayuran mulai menanam sampai memanen dan dibawa pulang. Setiap proses nantinya akan didampingi pemandu yang sudah berpengalaman,” ungkapnya. 
 
Selain itu, wisatawan juga bisa mendapatkan pengalaman membuat pupuk serta pestisida alami di lokasi tersebut. “Kami juga memberikan pengalaman membuat pupuk, dan memastikan sendiri bahwa apa yang ditanam seluruhnya organik tanpa bahan kimia,” pungkas dia. (Fxh)

Kredit

Bagikan