Sentra Vaksinasi Dibangun di Gunungkidul dan Kulonprogo, Wisatawan Diimbau Tetap Jaga ‘3M’

WONOSARI, KRJOGJA.com – Pemerintah Republik Indonesia telah menampuh berbagai cara untuk makin dorong angka vaksinasi warga Indonesia. Salah satunya adalah dengan menggelar program kreatif dengan mengusung konsep vaksinasi di destinasi wisata.

Layaknya peribahasa ‘Sekali Mendayung, Dua Tiga Pulau Terlampaui’, wisata vaksinasi memiliki dua manfaat, yaitu meningkatkan angka vaksinasi, sekaligus kembali mendorong warga masyarakat untuk kembali berlibur dengan disiplin protokol kesehatan.

Minggu ini, tiket.com, Online Travel Agent (OTA) pertama di Indonesia, membuka dua sentra vaksinasi pada jadwal yang berbeda, yaitu di tanggal 6 Oktober di Gunungkidul, tepatnya di Rest Area Bunder, Kecamatan Playen, serta tanggal 8 Oktober di Kulon Progo (Kopi Ingkar Janji-Jalan Raya Kaligesing No 17, Tileng, Pendoworejo, Girimulyo). Bekerja sama dengan Badan Otorita Borobudur sebagai mitra penyelenggara, juga turut bersinergi bersama Pemprov DIY, Pemda Gunungkidul, Pemda Kulon Progo, dan tim Penggerak PKK DIY sebagai penyedia dosis vaksin, tenaga kesehatan, non-kesehatan, dan media informasi.

Masing-masing sentra berlangsung selama 1 hari, yaitu mulai pukul 08:00-15:00 WIB. Tersedia 1.850 dosis vaksin jenis Sinovac untuk masing-masing sentra Gunungkidul dan Kulonprogo. Program vaksinasi ini diperuntukkan bagi masyarakat umum penerima dosis pertama, tanpa persyaratan domisili, dengan golongan masyarakat mulai dari usia 12+ tahun, juga kepada wisatawan yang masih berada di kawasan ini. Penyuntikan vaksin dilakukan 2 kali dengan jarak 28 hari dari vaksin pertama. Penyuntikan vaksin kedua akan diselenggarakan pada tanggal 3 di Rest Area Bunder, Gunungkidul, dan 5 November 2021 di Kopi Ingkar Janji, Kulon Progo.

Proses peresmian Sentra Vaksinasi tiket.com berlangsung tertib dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dihadiri oleh Indah Juanita, Direktur Utama Badan Otorita Borobudur; H Sunaryanta, Bupati Gunungkidul; Kanjeng Gusti Bendara Raden Ayu Paku Alam X, Wakil Ketua I TP PKK DIY; dan Sandra Darmosumarto, Public Relations Manager, tiket.com.

 

Sandra Darmosumarto, Public Relations Manager, tiket.com, menyatakan dukungan penuh program destinasi wisata vaksin ini, “Sentra Vaksinasi tiket.com di destinasi wisata Gunung Kidul dan Kulon Progro merupakan bagian dari komitmen dan dukungan tiket.com untuk mengakselerasi program vaksinasi nasional sekaligus mendorong program Vaksin Wisata di DIY demi tercapainya pemulihan pariwisata. Program Vaksin Wisata ini merupakan sebuah gagasan cemerlang yang berfungsi ganda, yaitu mempromosikan destinasi wisata sekaligus mendorong tingkat vaksinasi di area tersebut. Apalagi dengan bertempat di alam terbuka, peserta vaksinasi pun dapat rileks menghadapi vaksinasi”.

 

Indah Juanita, Direktur Utama Badan Otorita Borobudur mengapresiasi kolaborasi tiket.com dalam mendukung program pemerintah dalam merangkul warga dan pengunjung di destinasi wisata untuk divaksinasi. “Merupakan sebuah berkah dimana kita bisa membuka sentra vaksinasi sebagai bentuk nyata kerjasama dengan tiket.com, Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, dan juga dari TP PKK DIY. Terima kasih saya ucapkan kepada tiket.com dan TP PKK DIY. Tujuan didirikannya sentra vaksinasi adalah supaya bisa cepat tercapai herd immunity, sehingga kehidupan bisa kembali normal. Khususnya bagi kepariwisataan agar bisa tumbuh kembali dan menggairahkan pertumbuhan ekonomi”.

H. Sunaryanta menghimbau agar masyarakat segera divaksin agar kegiatan atau aktivitas ekonomi juga kembali bergerak dan tumbuh. “Partisipasi semua pemangku kepentingan, mulai dari Dinas Pariwisata di Yogyakarta, TNI, dan Polri, sungguh penting dalam mendorong gerakan vaksinasi di kawasan Gunungkidul. Hingga saat ini, 75% warga Gunungkidul pun telah tervaksinasi. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua rekan tenaga kesehatan yang memiliki komitmen luar biasa untuk terus menjangkau masyarakat dan warga di berbagai daerah di Gunungkidul”.

Dalam sambutannya, Kanjeng Gusti Bendara Raden Ayu Paku Alam X, Wakil Ketua I TP PKK DIY, merangkum, “Pentingnya vakinasi telah terasa, angka paparan turun, jumlah keterisian rumah sakit pun rendah, pasien isolasi mandiri dan warga meninggal dunia sudah menurun. Vaksinasi penting bagi peningkatan imun diri sehingga tidak mudah terpapar Covid-19. Selain itu, status vaksinasi dalam aplikasi PeduliLindungi juga menjadi salah satu syarat utama dalam berpergian. Terima kasih kepada tiket.com yang telah memberikan support kali ini. Semoga kita bisa bertamasya dan berwisata lagi. Tidak lupa saya ingatkan untuk terus menerapkan 3M (mengenakan masker, mencuci tangan dengan air sabun dan menjaga jarak) demi kenyamanan dan keamanan bersama”.

Menilik data terbaru di situs Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta per September 2021, pasca percepatan vaksinasi di DI Yogyakarta berkontribusi pada tingginya persentase vaksinasi Covid-19 yang telah mencapai angka 75,54% dan diperkirakan dapat menyentuh angka 80% di bulan Oktober, oleh karena itu, kekebalan komunal pun dapat tercapai dengan baik.

“Walaupun program vaksinasi ini masih berjalan, kami ajak masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan. Angka vaksinasi tinggi ditambah dengan disiplin protokol kesehatan merupakan kunci ampuh menuju era post-pandemic. Mari bersama-sama bahu-membahu bangun kembali popularitas pariwisata Indonesia,” tutup Sandra. (*)

 

 

BERITA REKOMENDASI