The Allabun Garden, Spot Wisata Baru di Lereng Merapi

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Wahana wisata dengan konsep glamping (glamour camping) dan resto kini hadir di Wonorejo Hargobinangun Pakem Sleman, tepatnya di pinggir Jalan Boyong kawasan Kaliurang. Di lahan seluas 2 hektar ini wisatawan dapat menikmati kesejukan udara dingin khas lereng Merapi sambil merasakan keakraban bersama keluarga di alam terbuka dengan suguhan menu makanan tradisonal ala Jawa.

Spot kekinian yang tengah ngehits itu bernama The Allabun Garden. Selain glamping di tempat ini dilengkapi pula dengan homestay, restoran, coffee serta track untuk ATV yang tentunya memacu adrenalin.

Nama The Allabun Garden diambil dari singkatan dua kata, yakni ‘Ala Bunda’. Pemilik The Allabun Garden, Nur Endah Duhkito Sari mengatakan dengan ‘Ala Bunda’ ia ingin menghadirkan keramahan dalam memberikan pelayanan bagi para wisatawan layaknya seorang ibu dan anak.

“Yogya merupakan kota wisata, jadi kita harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi wisatawan maupun siapa saja yang datang. Pesona Merapi memang menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan, oleh karena itu konsep alam harus dihadirkan di sini,” kata Endah.

Lokasinya yang jauh dari keramaian kota, tak membuat tempat ini sepi pengunjung. Bahkan sebaliknya, spot ini menjadi destinasi baru yang jadi incaran para pelancong baik lokal maupun domestik.

Di tempat ini pengunjung dapat melihat keelokan Gunung Merapi dari dekat. Walau lokasinya nampak tak jauh dengan Gunung Merapi, namun dipastikan tempat ini berada dalam radius zona aman dari bahaya.

Menurut Endah, wisatawan saat ini bosan dengan aktivitas di dalam ruangan. Apalagi bagi mereka yang datang ke Yogya tentu ingin mendapat suasana berbeda dan tradisonal untuk dapat menyatu dengan alam.

“Inilah mengapa konsep ini sengaja dibuat. Setelah penat dengan hiruk pikuk aktivitas perkotaan dan rutinitas sehari-hari, maka tempat ini akan menawarkan sesuatu yang berbeda,” kata perempuan asal Tayu Pati Jawa Tengah ini.

Endah mengatakan pelancong keluarga sengaja ia bidik untuk mampir di sini. Untuk itu The Allabun garden telah menyiapkan sebanyak 15 homestay dan 20 glamping bagi pengunjung untuk bermalam bersama keluarga.

Selain itu tempat ini juga sangat nyaman bagi para kalangan milenial. Kaum muda yang dinamis bisa menghabiskan waktu sambil berdiskusi bersama teman maupun mengerjakan tugas-tugas ditemani suasana yang tenang.

Romantisme tempat ini bertambah dengan adanya lampu temaram di sepanjang garden sisi utara dengan meja-meja kayu beratapkan teduhnya payung. Alunan musik tak ketinggalan akan menemani pengunjung sambil menyantap menu-menu andalan The Allabun Garden.

“Menu rumahan tempo dulu yang ndeso ada di sini. Untuk menu ndeso khusus hanya disajikan saat weekend Sabtu dan Minggu saja. Ada pula masakan nusantara, chinnese food bagi mereka yang ingin menikmatinya,” imbuh perempuan lulusan Manajemen UPN Veteran Yogyakarta ini.

Letaknya yang strategi membuat The Allabun Garden dilewati jalur jeep wisata Lereng Merapi. Jadi wisatawan yang datang ke sini akan dapat pula meneruskan perjalanan menikmati keindahan Merapi dengan mengendarai jeep hingga bisa lebih dekat ke lereng gunung.

The Allabun Garden secara resmi dibuka pada Rabu (22/12/2021) lalu. Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo berkesempatan langsung meresmikan tempat ini dengan dihadiri sejumlah pejabat kabupaten ini serta kalangan civitas akademika UPN Veteran Yogyakarta.

Endah berharap kehadiran The Allabun Garden dapat menambah khasanah tempat wisata di DIY dan meningkatkan kunjungan pelancong di Sleman. Ia juga berharap dengan adanya The Allabun Garden dapat memberi manfaat bagi warga Hargobinangun dan menunjang perekonomian masyarakat sekitar. (*)

BERITA REKOMENDASI